Wednesday, September 11, 2019

5 Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stock Barang

evonews.net- Bisnis online di era digitalisasi memang begitu menggiurkan, selain tidak perlu modal banyak, bisnis online juga mampu menjangkau pasar yang sangat luas hingga seluruh dunia. Banyak pengusaha yang beralih memanfaatkan teknologi digital untuk berbisnis secara online dan berhasil dengan keuntungan yang banyak.

Semua orang bisa jualan secara online, bahkan kita tidak perlu repot untuk menyiapkan produk dan modal yang besar. Jualan online seperti ini biasa dikenal dengan istilah dropship.

Bermain sebagai pelaku dhopship, seseorang dituntut untuk mengetahui secara detail produk apa yang akan dijual. Hal itu dikarenakan produk tersebut bukan milik kita, kita hanya pihak ketiga yang menjual untuk mengambil keuntungan kepada pembeli.

Berikut ini langkah menjadi seorang dropshipper :

1. Tentukan Barang atau Produk yang Akan Dijual


Langka pertama yang harus dilakukan adalah menentukan produk atau barang apa yang akan dijual. Ada banyak barang yang bisa dijual dengan sistem dropship, mulai dari produk fashion, digital , kesehatan, kosmetik dan barang-barang lainnya.

Sedikit saran bagi pemula untuk fokus menjual satu produk yang resikonya kecil dan jangan mencampur adukan produk untuk dijual.

2. Menentukan Pangsa Pasar

Setelah mengetahui produk apa yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah menentukan pangsa pasar. Dalam menentukan pangsa pasar usahakan pangsa mudah di jangkau.

Misalnya, jika dropshipper adalah mahasiswa dan banyak memiliki teman satu universitas, maka sebaiknya pangsa pasar adalah teman kuliah. Tentu saja hal ini penting untuk menyesuaikan spesifikasi produk yang akan dijual.


3. Mencari Supplier yang Dapat Dipercaya


Setelah ditentukan semuanya, langkah selanjutnya yaitu mencari supplier yang bisa terpercaya. Supplier merupakan pihak yang produknya akan dijual oleh dropshiper. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari supplier yang terpercaya.


Hal ini dilakukan agar nantinya pelanggan tidak merasa kecewa dengan produk yang dibelinya. Mungkin bias mencari supplier yang memang memproduksi sendiri produk yang dijual. Sehingga nantinya kualitas barang yang dijual bisa dipertanggungjawabkan.

4. Melakukan Promosi Semenarik Mungkin



Setelah mendapatkan supplier yang dapat dipercaya, langkah yang paling penting adalah melakukan promosi semenarik mungkin. Promosi disini artinya dropshiper juga harus membuat iklan dan memasarkan produk supplier.

Dalam hal promosi dropshipper dapat memanfaatkan media sosial. Promosi dapat dilakukan lewat platform instagram, facebook, dan media sosial lainnya. Dengan promosi yang menarik kemungkinan produk yang akan terjual juga banyak.

5. Detail Pesanan dan Proses Pembayaran ke Supplier

Ketika ada calon pembeli yang berminat membeli produk, mintailah detail pesanan secara lengkap. Selanjutnya, mintalah calon pembeli untuk membayar seharga produk yang dipesan disertai dengan ongkos kirimnya atau ongkir.

Berikan detail pesanan tersebut pada supplier dan bayarkan biaya seharga produk dan ongkir yang telah diberikan oleh pelanggan. Dalam hal ini, dropshiper sudah mengambil keuntungan sendiri.

Bisnis online tanpa modal dan barang ini sangat mudah dan siapapun dapat mencobanya. Hal terpenting menjadi seorang dropshipper adalah mempunyai pelayanan yang baik untuk pelanggan dan menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh pelanggan


EmoticonEmoticon