Saturday, September 14, 2019

4 Ciri Baklink Berkualias untuk Optimasi Blog dan Website

Tags

evonews.net- Seorang blogger atau admin website pastinya tidak asing lagi dengan istilah backlink dalam sebuah blog ataupun website. Backlink merupakan hyperlink sebuah website yang ditautkan ke dalam website lain dengan tujuan mendapatkan pengunjung web atau sebagai media promosi.

Backlink sendiri biasanya digunakan seorang blogger untuk bisa menoptimalkan blognya dimesin pencarian seperti Google. Tak heran jika teknik optimasi backlink ini ramai dipelajari dan menjadi penting untuk blogger dan pebisnis online untuk dapat mendongkrang Search Engine Optimation (SEO) sebuah blog atau website.


Dewasa ini, tidak semua backlink mempunyai peran untuk mendongkrak SEO sebuah blog atau website. Ada pula backlink yang sifatnya merusak. Nah, agar tidak terlanjur belajar ilmu backlink yang sesat, berikut ini penjelasan backlink yang aman digunakan dan tidak merusak blog atau web.

1. Keterkaitan Antar Situs Web

Backlink berkualitas sangat mudah dilihat, yaitu adanya keterkaitan antara situs penaman dengan situs target yang dituju. Contohnya sebuah situs tentang jualan online, memberi situs ke website lain dengan topik yang sama tentang jualan online Topik yang sejenis tersebut lebih terlihat alami dan original di dalam mesin pencari dibandingkan dengan backlink yang berbeda topik atau bahasan.

Selain itu, keterkaitan backlink dengan website yang dituju juga sangat mempengaruhi hasil optimasi, karena pengunjung akan lebih antusias untuk berkunjung ke situs yang sejenis.

2. Memiliki Sumber yang Dapat Dipercaya

Suatu backlink harus berasal dari sumber yang dapat dipercaya, agar dapat membantu menaikkan ranking sebuag blog atau website. Jika di Indonesia, backlink seperti Kompas, Detik, Wikipedia, dan portal berita besar lainnya sudah dapat dianggap sebagai backlink yang dapat dipercaya, meskipun harus mengecek juga keasliannya.

3. Variasikan Sumber Backlink

Sumber-Sumber backlink merupakan faktor lain yang ikut berpengaruhi secara langsung kepada peringkat sebuah halaman, blog dan website. Agar lebih mudah dipahami: lebih baik Anda mendapatkan 100 backlink dari 50 domain yang berbeda dibandingkan mendapatkan 1000 backlink dari 10 domain yang berbeda. Variasikan sumber backlink yang mengarah ke situs Anda.

4. Banyaknya Backlink Pada Satu Halaman

Google mempunyai kriteria penilaian tersendiri untuk sebuah backlink yang ada pasa suatu halaman.
Nilai tersebut pastinya akan dibagikan secara merata melalui link juice.

Gambaran mudahnya seperti ini:

Terdapat halaman yang mempunyai nilai 100. Kemudian di dalam halaman itu ada 10 link keluar. Maka masing-masing backlink akan memiliki nilai 10. Seandainya hanya terdapat 2 link saja, maka nilai masing-masing backlink akan semakin besar, yakni 50.

Nah, demikian gambaran sedikit mengenai Backlink untuk dapat meningkatkan SEO sebuah blog ataupun website. Semoga bermanfaat dan selalu mendapatkan keberkahan.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon